Penyebab Ponsel Mati Tiba-tiba

Setanmerah - Ponsel sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi seseorang yang semua aktivitasnya diponsel. Mudahnya untuk mengakses semua informasi maka alat yang paling banyak di gunakan adalah ponsel atau smartphone. Karena mudah dibawa kemana-mana hanya dalam gengaman. Namun, dalam beberapa kasus penguna ponsel mengeluh akan masalah yang terjadi pada ponsel yang ia miliki. Seperti masalah pada ponselnya yang sering mati sendiri atau mati tiba-tiba namun iya tidak mengetahui apa penyebabnya. Maka, sipengunanya pun bertanya-tanya mengapa bisa seperti masalah yang sering mati tiba-tiba saat memainkannya.


Biasanya ponsel yang sering mati tiba-tiba itu adalah ponsel yang dibeli dari seseorang atau ponsel bekas. Hal tersebut sering terjadi lantaran si pembeli ponsel bekas itu tidak mengetahui kondisi yang sebenarnya pada saat membeli ponsel tersebut. Dan si penjual kadang engan bilang kondisi akan ponsel yang dijualnya, yang ia hanya bilang masih bagus tetapi ia tidak bilang bagaimana kondisi didalamnya. Jadi, dengan secara langsung si pembeli langsung membeli ponsel tersebut, tidak untuk mencobanya atau meminjamnya terlebih dahulu untuk beberapa waktu. Mungkin dilihat masih bagus.

Tapi, tidak hanya ponsel bekas saja yang bermasalah, kadang ponsel baru pun bermasalah setelah beberapa hari atau beberapa minggu atau sebulan pakai sudah bermasalah. Dan dari banyaknya faktor masalah pada ponsel ada beberapa yang menyebabkan ponsel sering mati sendiri atau mati tiba-tiba saat sedang memainkannya. Mingkin saat hal tersebut terjadi, akan merasa kesal dan marah seakan-akan ingin melempar ponsel tersebut. Kadang saat asik-asik dengan ponsel tiba-tiba mati yang sebagai penguna yang tidak tau apa masalahnya akan sangat memancing emosi. Sebelum melemparnya tahan dulu cari penyebabnya dan temukan apa masalahnya.

Dan mungkin ada beberapa yang harus kita ketahui jika hal yang berkaitan dengan ponsel yang sering mati tiba-tiba. Mungkin masalahnya ada pada daftar berikut ini. Dan ini lah beberapa faktor atau penyebab ponsel yang sering mati tiba-tiba saat bermain ponsel. Apa saja masalahnya ..?


1. Sistem
> Sistem merupakan kompenen utama pada sebuah perangkat. Ada beberapa hal pada sistem yang menyebabkan ponsel sering mati sendiri yaitu, dikarenakan chace pada sistem itu sendiri yang sudah penuh. Jadi harus dibersihkan sesering mungkin agar chace nya tidak menumpuk pada sistem dan jika sudah menumpuk akan menyebabkan ponsel mati secara tiba-tiba. Memori sistem seperti Rom atau Ram, ini adalah yang utama dalam sebuah sistem untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Menjalankan aplikasi pada ponsel tentunya mengunakan memori RAM, jika memori ram tersebut penuh bukan tidak mungkin akan menghentikan kerja ponsel sehingga akan mematikan ponsel secara tiba-tiba. Begitu juga dengan aplikasi, setiap aplikasi yang terinstal akan memakan memori apalagi aplikasi tersebut memiliki ukuran yang besar dan membuat berkas chace yang banyak maka, kalau terus-menerus akan memenuhi memori dan juga akan membuat ponsel mati sendiri.
Selain itu, ada juga penyebab lain yang membuat ponsel mati tiba-tiba yaitu dikarenakan ada sebuah notifikasi pada sistem. Notifikasi pada sistem adalah sebuah notif yang tidak sesuai dengan sistemnya atau tidak cocok dengan sistem itu sendiri. Dengan adanya notif tersebut, karena tidak cocok dengan sistemnya maka secara otomatis tidak dapat diterima oleh sistem dan menyebabkan ponsel mati tanpa ada peringatan.

Dan jika hal tersebut masih terus terjadi coba untuk mengambil tindakan lain yaitu, mengembalikan pengaturan awal atau menyetel ulang perangkat/mereset nya. Namun, tindakan ini akan menghapus semua data yang sudah masuk pada perangkat. Jika hal ini sudah dilakukan tapi masih saja terjadi mungkin ada masalah lain atau mungkin masalah pada baterai.

2. Aplikasi
> Dalam beberapa kasus, aplikasi juga merupakan hal yang juga bisa menyebabkan ponsel mati secara tiba-tiba. Mengapa aplikasi bisa menyebabkan ponsel mati? Dalam beberapa versi mungkin dikarenakan aplikasi tersebut memiliki akses yang tidak cocok dengan perangkat tersebut. Seperti yang kita ketahui aplikasi sekarang ini sudah dilengkapi berbagai fitur yang canggih sehinga ponsel tidak menerima fitur atau sensor yang ada pada aplikasi tersebut. Misalkan aplikasi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi untuk versi ponsel yang digunakan.

Namun, selain itu ada juga masalah lain pada aplikasi yang diintal tersebut antaranya aplikasi yang tidak cocok, aplikasi fitur didalamnya rusak, atau aplikasi tidak merespon untuk perangkat yang digunakan. Mungkin dibeberapa perangkat memang bermasalah untuk menginstal aplikasi tertentu jika itu dipaksakan akan merusak sistem pada perangkat.

3. Baterai
> Tanpa adanya baterai mungkin ponsel tidak akan nyala maka, dari hal tertentu jagalah ponsel tetap dalam keadaan normal terutama dalam mengisi daya baterai. Karena, masalah yang sering terjadi adalah pada baterainya. Sering kali terjadi adalah ponsel mati tiba-tiba mungkin itu juga karena baterainya sudah bermasalah atau karena terlalu panas. Baterai panas, juga mengakibatkan ponsel mati secara tiba-tiba jika baterainya sudah bermasalah.

Dari hal tersebut, masalah baterai sudah sering terjadi jika seseorang membeli ponsel bekas. Jadi ada beberapa faktor yang mengakibatkan baterai bermasalah. Salah satunya, mengisi baterai terlalu lama , mengisi baterai dengan yang bukan original dari ponselnya sendiri, mengisi baterai sebentar cabut sebentar diisi daya, ponsel yang sering terjatuh ini juga bisa menyebabkan masalah pada baterai terutama pada baterai tanam, dan faktor-faktor lainnya.
Kasus baterai bermasalah ini paling banyak terjadi pada saat membeli ponsel bekas dari orang lain dan tidak di coba dulu dalam waktu 12 jam atau 1 hari untuk meminjamnya agar tau akan kondisi ponsel tersebut. Masalah pada baterai ini sudah umum sekali terjadi, karena faktor-faktor tanpa sepengetahuan. Jika sudah begini hanya bisa di lakukan hanyalah menganti baterai atau beli baru.

Oke sekali lagi jika mau membeli ponsel bekas jangan langsung dibeli kalau bisa coba di lihat dulu, dicoba dulu atau pinjam dulu untuk beberapa waktu agar bisa tau bermasalah atau tidak dengan ponsel yang akan dibeli tersebut. Kalau tidak, maka tangung sendiri resiko yang mungkin akan terjadi setelah itu seperti, kerusakan atau masalah pada sistem dan dan baterainya. Atau kalau ada uang lebih, lebih baik beli aja yang baru biar tidak ragu-ragu. Tapi, boleh saja untuk membeli yang bekas kalau dirasa masih bagus dan mungkin dengan membeli yang bekas akan jauh lebih murah walaupun terkesan masih terlihat baru.

Membeli barang bekas itu tidak ada masalah kalau udah terjamin dan masih oke pakai. Asalkan sipenjual nya jujur dan sudah dipercayai akan kualitas barang uang dijualnya.

terima kasih.. 
Previous
Next Post »

2 Comments

Click here for Comments
BRIAN News
admin
September 18, 2019 at 9:02 AM ×

hp q juga sering mati tiba2., klo istri nyamperin saya kak.

Reply
avatar
Thanks for your comment